INFO TERBARUdisbudparpora dokumenter Selamat Datang Di Website Disbudparpora Kabupaten Katingan

Agenda



Paskibraka 2018

Diposting tanggal: 03 Januari 2018
Topik :

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.


Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan "CAPASKA" atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan "PASKIBRAKA", dan setelah 17 Agustus, dinamakan "PURNA PASKIBRAKA".


Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:



  • Paskibraka Nasional - bertugas di Istana Negara

  • Paskibraka Propinsi - bertugas di Pusat pemerintahan gubernur propinsi

  • Paskibraka Kota - bertugas di Pusat pemerintahan wali kota/kabupaten


Jika ingin melihat sedikit gambaran Paskibraka Kab. Katingan 2017, Klik Link  dibawah ini :


https://www.youtube.com/watch?v=y3bPvUp0l4c

Tanggal : 01 Agustus 2018 s/d 18 Agustus 2018
Pukul : 05.00 s/d 23.00 wib
Tempat : Kasongan
Pengirim :



Seni Pertunjukan Kab. Katingan

Diposting tanggal: 03 Januari 2018
Topik :

Kegiatan ini merupakan sebuah agenda yang coba dilaksankana oleh Pemerintah  Daerah Kab. Katingan Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Katingan dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan rasa bangga terhadap seni dan budaya sendiri. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pelaku seni dan sanggar-sanggar yang aktif di Kabupaten Katingan yang belum terpantau oleh pemerintah daerah.


Kegiatan ini rencananya diselenggarakan setiap bulannya di Kota Kasongan dan menampilkan Sanggar Seni yang berbeda pada Tiap Bulannya.

Tanggal : 01 Januari 2018 s/d 31 Desember 2018
Pukul : 08.00 s/d selesai
Tempat : Taman Hijau Kota Kasongan
Pengirim :



Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) 2018

Diposting tanggal: 03 Januari 2018
Topik :

Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Memperingati salah satu hari penting dalam sejarah bangsa ini, lebih dari 1300 pemuda dari tiga belas kabupaten dan satu kota se Kalimantan Tengah, melaksanakan upacara peringatannya yang. dirangkai dengan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB), dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri perwakilan seluruh SOPD Provinsi Kalimantan Tengag, Ormas dan Organisasi Kepemudaan.


 


Teks Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 dibacakan oleh 4 orang perwakilan pemuda sebagai bentuk komitmen pemuda ambil bagian dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI,yang dibacakan oleh pemimpin upacara bahwa  tanggal 28 oktober 1928,sebanyak 71 orang pemuda mengikrarkan diri sebagai satu nusa,satu bangsa dan satu bahasa,yaitu Indonesia.17 tahun kemudian tepat tanggal 17 agustus 1945 melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Preseiden pertama RI,Ir. Soekarno mengatakan jangan pernah mewarisi abu sumpah pemuda,tetapi warisilah api sumpah pemuda, oleh karena itu kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.


 


Acara dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penyerahan trophy dan penghargaan kepada pemuda pelopor tingkat nasional dan tingkat provinsi Kalimantan Tengah,penyerahan trophy dan penghargaan I,II,III pertandingan bola voli campuran se-Kabupaten/Kota Kalimantan Tengah,penandatanganan MoU tentang penyelamatan dunia pendidikan dari bahaya narkoba,serta pembubuhan tanda tangan komitmen "Bersatu untuk Kalteng Berkah" diatas kain putih sepanjang 89 meter.


 


Catatan : Kegiatan tersebut diatas merupakan urutan kegiatan yang rutin dilakukan pada setiap Pelaksanaan Ikrar Bersama Anak Bangsa

Tanggal : 27 Oktober 2018 s/d 28 Oktober 2018
Pukul : 08.00 s/d selesai
Tempat :
Pengirim :



Festival Budaya Isen Mulang (Kapuas)

Diposting tanggal: 03 Januari 2018
Topik :

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) adalah kegiatan festival tahunan yang digelar di Berbagai Kota dan Kabupaten se- Lamimantan Tengah dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang jatuh pada bulan Mei.


Isen Mulang dalam bahasa Dayak Ngaju memiliki arti “pantang mundur” dan masuk dalam agenda tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuannya adalah menampilkan serta semakin mempopulerkan keanekaragaman budaya di se-Kalimantan Tengah yang dikemas dalam bentuk karnaval.


Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya di antaranya menggelar berbagai even budaya, seperti Lomba Balogo, Lomba Manewang, Manetek, Manyila Kayu, Lomba Lagu Budaya Karungut, Sepak Sawut, Besei Kambe dan lainnya.


Selain diadakan lomba-lomba, diadakan juga pameran produk-produk unggulan yang diikuti berbagai daerah seluruh Indonesia dalam Kalteng Expo. Kalteng Expo ini sendiri sebagai sarana untuk memperkenalkan produk unggulan baik dari pengrajin daerah, UMKM maupun Koperasi yang menjadi mitra binaan baik dari BUMN/BUMD maupun perusahaan besar swsata yang ada di Kalimantan tengah.


 


Catatan : Jadwal Kegiatan Bisa saja Berupah bergantung pada agenda kegiatan yang dijadwalkan oleh pihak panitia provinsi

Tanggal : 20 Mei 2018 s/d 30 Mei 2018
Pukul : 08.00 s/d selesai
Tempat : Kab. Kapuas
Pengirim :



Festival Budaya Penyang Hinje Simpei III

Diposting tanggal: 03 Januari 2018
Topik :

Kagiatan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Merupakan Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam rangka membangun karakter masyarakat yang cinta dengan budaya dengan tidak meninggalkan modernisasi yang terjadi pada bangsa kita sekarang ini.


festival budaya penyang hinje simpei tidak jauh berbeda dengan festival-festival yang diselenggarakan didaerah lain ataupun dinegara lain. perbedaan hanya terjadi pada cabang lomba saja. festival budaya penyang hinje simpei rencananya akan memperlombakan cabang lomba :


1. Lomba Tari pedalaman


 


2. Lomba Manyipet


3. lomba besei kambe


4. lomba balogo


5. lomba mangarugi


6. lomba mambuka lawang sakepeng (seni bela diri Khas Kalimantan Tengah)


7. Lomba Besei Kambe


8. Lomba Karungut Putra/Putri


9. Lomba Lagu Daerah


 


catatan : Jadwal dan cabang lomba/sewaktu-waktu bisa berubah mengingat kegiatan ini harus melalui proses perembukan dari berbagai pihak.

Tanggal : 15 September 2018 s/d 23 September 2018
Pukul : 08.00 s/d selesai
Tempat : Sport Centre Kereng Humbang
Pengirim :



Festival Budaya Penyang Hinje Simpei II

Diposting tanggal: 08 Juni 2017
Topik :

Kagiatan Festival Budaya Penyang Hinje Sinmpei Merupakan Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam rangka membangun karakter masyarakat yang cinta dengan budaya dengan tidak meninggalkan modernisasi yang terjadi pada bangsa kita sekarang ini.


festival budaya penyang hinje simpei tidak jauh berbeda dengan festival-festival yang diselenggarakan didaerah lain ataupun dinegara lain. perbedaan hanya terjadi pada cabang lomba saja.


festival  budaya penyang hinje simpei rencananya akan memperlombakan cabang lomba :


1. Lombva Tari pedalaman


2. Lomba Manyipet


3. lomba besei kambe


4. lomba balogo


5. lomba mangarugi


6. lomba mangurungut putra/putri


dan mungkin akan dilombakan cambang-cabang lainnya yang berhubungan dengan budaya kayak khususnya dayak Katingan, tergantung dengan dana yang tersedia.


 


catatan : Jadwal ini tidak mutlak/ sewaktu-waktu bisa berubah mengingat kegiatan ini harus melalui proses perembukan dari berbagai pihak.

Tanggal : 20 Agustus 2017 s/d 28 Agustus 2017
Pukul : 09.00
Tempat : Kasongan
Pengirim :



<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>

Kepala Disporbudpar

Drs.Mido
E-Gov
Web SKPD
Jajak Pendapat

Bagaimanakah menurut anda kebudayaan di Kabupaten Katingan?

  Menakjubkan
  Biasa saja
  Tidak menarik
Statistik

136941

Pengunjung hari ini : 10
Total pengunjung : 29748
Hits hari ini : 39
Total Hits : 136941
Pengunjung Online : 564
Ip :
Browser :